INTERNET: 4 sehat 5 sempurna!

Arus informasi yang berkembang sangat pesat saat ini, mau tidak mau memaksa kita untuk selektif dalam berinternet ria baik itu saat surfing, ngeblog, update status, upload gambar dsb karena bisa jadi aktivitas yang kita lakukan dapat menyeret kita ke arah tindakan yang negatif atau bahkan kita menjadi korban dari orang-orang jahil di dunia internet itu sendiri (weleh… weleh). Oleh karena itu, muncullah istilah
internet
sehat yang mengajak para pengguna internet untuk selalu waras dan merasa –tidak sakit- sehingga ketika berhadapan dengan internet dapat mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dapat membuatnya sehat atau malah bertambah sakit (bisa-bisa ntar dioperasi, nah lho?) . Sebelum kita membahas masalah ini ada beberapa hal yang perlu dipahami (supaya g tuing-tuing :) )

Jika ada seseorang yang bertanya kepada mahsiswa kedokteran apa definisi sehat menurut WHO dan pasti akan dijawab seperti ini “suatu kondisi sejahtera jasmani rohani serta sosial dan ekonomi”. Ya, Sehat itu tidak hanya diasumsikan sebagai sehat secara fisik namun juga harus dibarengi dengan sehat psikis/rohani. Tetapi bagaimanakah dengan Internet Sehat? Apakah bisa dikaitkan dengan definisi sehat seperti diatas. Ya! Tentu saja bisa.

Piramida Makanan 4 sehat 5 sempurna!
Piramida Makanan 4 sehat 5 sempurna!

Selama ini diketahui bahwa salah satu indikator sehat adalah sehat secara fisik yang bisa dicapai salah satunya dengan makan makanan bergizi yaitu 4 sehat 5 sempurna. Apa sajakah makanan 4 sehat 5 sempurna itu? Yups, tentu saja yang menjadi pilar utama adalah makanan pokok seperti nasi, tepung, jagung, gandum yang berfungsi sebagai sumber energi kemudian diikuti lauk pauk yang bertugas untuk kebutuhan zat pembangun dalam tubuh karena kandungan protein yang ada di dalamnya, yang ketiga sayur-sayuranan yang memberikan kontribusi melalaui vitamin-vitamin yang memang secara alami terdapat di dalamnya dan menunjang berbagai proses kimiawi dalam tubuh dan buah-buahan yang fungsinya hampir sama dengan sayur namun, tidak dalam keadaa dimasak (yah.. tentu saja, kalau dimasak bukan buah namanya ) dan terakhir adalah susu. Yah, sama halnya dengan berinternet. Jika ingin dikatakan sebagai pengguna internet yang sehat tentu memiliki keinginan untuk “melahap” makanan 4 sehat 5 sempurna yang berarti:

1. Memiliki tujuan pokok dan penting ketika berinternet contohnya mencari tugas, searching informasi yang memang bertujuan dalam menujang profesi kita, misalkan saja jika kita seorang mahasiswa, maka internet harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam mencari tugas misalnya mencari jurnal melalui om google atau lewat yahoo.

2. Tujuan pokok diatas juga nggak akan seru kalau tidak diimbangi dengan informasi lain (yang tentu saja berguna) contohnya informasi dalam negeri misalnya mengenai update-an info terbaru dari daerah bencana (wasior, mentawai, dan merapi) melalui website penyedia berita terpercaya, update informasi beasiswa atau bisa untuk menambah skill yang ada atau dapat menunjang spesialisasi kita, misalkan sambil ngedowload ebook yang tersedia gratis di website2 tertentu, atau chat dengan orang luar negri, hitung-hitung memudahkan kita dalam menjawab soal TOEFL nantinya atau kita bisa belajar kebudayaan saudara-saudara kita baik yang ada di Indonesia atau di luar negeri.

3. Memiliki pengetahuan seluk beluk internet salah satunya tren ngeblog yang akhir2 ini sedang hot-hotnya, selain bisa tambah gaul, kita juga bisa berkenalan dengan orang lain. Saat ini, media untuk ngeblog banyak banget, kita tinggal memilih saja satu diantara berbagai macam penyedia blog seperti http://www.blogdetik.com, http://www.wordpress.com, http://www.blogspot.com, http://www.tumblr.com dan lain sebagainya.

4. Bergabung dalam social networking yang berguna dalam memperluas jaringan, bertemu teman lama dan memperbanyak relasi atau bahkan hanya untuk sekedar mengaktualisasikan diri. Contohnya FB, twitter, Plurk, dll.

5. Mengikuti event-event atau perlombaan online di Internet misalkan lomba ngeblog, foto award, cerita, dsb. Menurut saya untuk hal ini bisa diartikan sebagai susu-pelengkap dari 4 sehat- di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsinya namun, tidak ada salahnya jika kita meminumnya karena kan sangat bermanfaat bagi kita. Begitulah dengan lomba-lomba ini, kita tidak diwajibkan ikut kok, tapi tidak ada salahnya jika kita mencoba siapa tahu berhasil (hehe).

Jadi andaikan saja saya seorang dokter internet maka saya tidak akan segan- segan menuliskan resep seperti di bawah ini:

jadi kesimpulan dari 4 sehat 5 sempurna adalah sbb:

piramida makanan 4 sehat lima sempurna
piramida makanan 4 sehat lima sempurna

Internet sehat…. Bikin NGGAK GAMPANG sakit… !
*Walaupun postingan ini hampir telat, tetapi semoga bermanfaat bagi semua… toh, meskipun besok kiamat, tak ada salahnya jika kita menanam benih hari ini (anda bingung??? masa’ ?coba ditelaah lagi deh, hehehe)

About these ads

6 thoughts on “INTERNET: 4 sehat 5 sempurna!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s