Backpacker Lombok ke Gili Trawangan

Hi.. Sudah lama tak menulis di blog ini. Sekarang izinkan saya bercerita mengenai pengalaman seru yang baru saya alami. Well, cerita ini tentang seseorang yang ingin mencoba keluar dari zona amannya untuk merasakan suatu pengalaman yang baru.

Oke…

Daerah yang saya kunjungi kali ini adalah pulau Lombok. Mengapa pulau lombok? Yaa.. karena program pemerintah saat ini visit lombok-sumbawa 2012 bukan?. Toh juga, sebagai warga NTB asli saya belum sepenuhnya pernah menginjakkan kaki di seluruh destinasi pariwisata di NTB. Kan aneh tuh? Orang asli asal NTB belum pernah mengunjungi tempat pariwisatanya.. Apa kata dunia?? Hehe.

Trip yang saya lakukan kali ini, berbeda. Mengapa berbeda? Hmm.. karena saya melakukan travelling ala backpacker. Jika mengutip dari wikipedia, backpacker berasal dari istilah backpacking yang bermakna seseorang yang melakukan perjalanan ke suatu tempat tanpa membawa barang-barang yang memberatkan atau membawa koper. Dan sungguh kebetulan, ada seorang teman backpacker—fikri— dari malang yang ingin mengunjungi destinasi pariwisata di Lombok. Akhirnya kami berencana berangkat pada hari minggu, 29 januari 2011.

Adapun itinerary singkat kami adalah  mengunjungi gili trawangan dan air terjun sendang gila serta tiu kelep yang berada di Lombok Utara.

Karena trip yang kami lakukan ala backpacker tentu saja alat transportasi yang kami gunakan adalah public transport alias angkot a.k.a engkel (huruf “e” kedua dibaca seperti “e” pada kata elang). Untuk mencapai gili trawangan maka ada rute alternatif yang bisa ditempuh, yaitu :

  1. Terminal mandalika di daerah Sweta –> kemudian turun di  Pemenang Lombok Utara –> selanjutnya jalan kaki sekitar 10-20  menit menuju bangsal.
  2. Jika anda berada di kota mataram, silahkan tunggu di perempatan pasar rembiga, biasanya rute engkel di no. 1 akan melewati jalan ini sehingga tidak perlu ke terminal mandalika –> kemudian turun di Pemenang Lombok Utara –> selanjutnya jalan kali sekitar 10-20 menit menuju bangsal atau bisa juga naik cidomo (jika tidak kuat untuk berjalan kaki) biasanya sewa sekitar Rp. 5.000/ orang.
  3. For your information, tidak ada rute angkot dari senggigi ke bangsal.

Waktu perjalanan dari pasar rembiga menuju pemenang sekitar 1 jam dengan biaya engkel per orang Rp. 10.000. Kemudian, teman-teman melanjutkan perjalanan bisa berjalan kaki atau menggunakan cidomo ke arah bangsal. Di Bangsal inilah, kita akan menyebrang ke gili trawangan. Menurut penulis di buku travelicius lombok, ia menyarankan untuk berjalan kaki karena jaraknya sekitar 500 meter dari pemenag ke Bangsal. Iya.. memang dari pemenang ke gerbang bangsal 500 meter tapi ntar masuk ke bangsal jaraknya lebih dari 500 meter lagi dan alhasil saya—yang baru pertama kali backpackeran—ngos-ngosan jadinya. :D. Kalo teman-teman masih punya tenaga, berjalan kaki boleh lah jadi pilihan, kalo nggak kuat yah, naik cidomo saja. :)

Sesampainya di pelabuhan, silahkan teman-teman membeli tiket penyebrangan seharga Rp. 10.000 di loket. Ketika menyebrang biasanya kita harus menunggu hingga kuota angkutan boat penuh dan saya sarankan untuk membeli minuman di daerah pelabuhan karena menurut informasi makanan yang dijual di gili trawangan agak lebih mahal. Setalah menunggu sekitar 10 menit akhirnya kami berangkat :). Gili Trawangan.. We are Coming !

Hal pertama yang kita lakukan di gili trawangan adalah mengabadikan momen kedua backpacker kere ini di depan papan selamat di datang di gili trawangan.

Selamat datang di Gili Trawangan

Backpacker kere ketika bernarsis ria di Gili Trawangan

Setelah bernarsis-narsis ria dan nggak jelas, hal kedua yang kami lakukan adalah mencari homestay untuk menaruh barang. Di sepanjang pinggiran pantai banyak sekali hotel maupun homestay yang dibangun dan tentu saja biaya sewanya mahal. Jika ingin lebih murah, maka homestay yang menjadi pilihan adalah homestay yang terletak di tengah kampung. Jika teman-teman membawa backpacker dan dengan muka bingung toleh kiri, toleh kanan pasti menandakan bahwa teman-teman sedang bingung mencari tempat nginap. Nah, nanti teman-teman akan ditawari oleh beberapa orang—yang berdiri dan duduk di sekitar jalan— untuk menginap di hotel ataupun homestay yang menjadi tempat kerjanya. Semuanya ada, dari harga mahal sampai harga murah, dari sekualitas hotel sampai sekualitas kamar kos. kalau masalah ini, kembali lagi dari budget teman-teman.

Dan karena kami hanyalah backpacker kere, alhasil kami menjatuhkan pilihan di homestay sekualitas kamar kos. biayanya berkisar Rp. 100.000. Berhasil atau tidaknya juga bergantung dari kemampuan penawaran teman-teman. :)

Selanjutnya kami berjalan mengelilingi pulau. Kami mampir di tempat penangkaran penyu. Penyunya masih sangat kecil, imut-imut dan lucu sekali. Dan tolong jangan dipegang ya… karena akan membuat binatang kecil ini stress.

Tak terasa, akhirnya usus-usus diperut saya protes.. hahaha.. secara, tadi pagi saya belum sarapan dan akhirnya saya harus mencari tempat makan. Nah, karena daerah gili trawangan adalah daerah pariwisata maka makanan pun mahal oleh karena itu, saya dan teman saya menyiasati dengan membeli makanan di dalam kampung. Tempat makan kami bukanlah restoran, hanya sebuah warung kecil dengan satu kursi panjang menghadap meja panjang di depannya yang terletak di tengah kampung di pinggir gang. Harga nasinya Rp.10.000 dengan menu nasi, sayur tumis, telur rebus yang dibagi 8, ayam goreng potong kecil dan sambal. Alhamdulillah.. kenyang.. :)

Jika ingin mengelilingi pulau, ada tiga alternatif pilihan yang perlu dipikirkan, yaitu:

Pertama, jika budget teman-teman cukup banyak silahkan mengelilingi pulau dengan menggunakan cidomo—suatu kereta yang ditarik oleh kuda—yang biaya sewa sekitar Seratusan ribu.

Kedua,  dengan menggunakan sepeda. Cukup banyak sepeda yang disewakan di gili trawangan mulai dari sepeda polygon sampe sepeda ecek-ecek dengan harga sewa Rp. 15.000/jam atau Rp. 50.000/seharian. Tapi teman-teman harus menerima resiko juga, karena keliling pulau medannya dominan pasir maka akan sedikit sulit untuk mengayuh sepeda.

Ketiga, dengan jalan kaki… Haha, tentu saja kalian tahu… inilah pilihan kami. Alasannya karena murah, hemat, efisien meskipun tidak hemat waktu karena waktu yang kami habiskan untuk mengelilingi pulau sebanyak 4,5 jam!.

Oh ya… informasi penting lagi. Jika teman-teman akan sholat, tidak perlu khawatir karena ada masjid yang terletak di pesisir pantai dan sejajar dengan hotel-hotel di gili trawangan. Hanya saja, saya sarankan bagi muslimah untuk menggunakan mukenah pribadi karena public mukenah tidak terjamin kebersihannya. :). Oh ya, harap maklum karena kondisi air disini tidak setawar air di kota alias air payau jadi kalo teman-teman wudhu dan berkumur rasanya asin dan nggak jelas gitu deh.. Harap maklum yah..

Setelah berkeliling pulau, kami sholat kemudian mandi sore di homestay (keringatan booo…!) kemudian sholat magrib dan akhirnya kami hunting makan malam. Dan lagi-lagi kami harus berhemat (Dasar backpacker kere! :D)

Kami melewati malam dengan berkeliling mencari makan (lagi) dan ternyata ketika kami melewati sekitar 50 meter dari pelabuhan, tanah yang siang harinya kosong udah diisi penuh oleh stand-stand makanan. Ternyata banyak bule yang doyan masakan Indonesia (Alhamdulillah.. ya). Kami sempat berpikir keras (Halah !) untuk menentukan pilihan makanan. Akhirnya, pilihannya jatuh di menu ikan nila goreng ukuran besar seharga Rp. 30.000 per ekor. Dan dengan (lagi-lagi) alasan berhemat kami makan malam dengan ikan nila goreng besar yang di makan berdua.. hahahaha..

Saat kami makan, ada seseorang yang mendekat dan duduk di samping kami, si Fikri langsung menyapa “ Sendirian mas?” Kemudian mas-mas palsu itu menjawab dengan muka bingung. “No, i cant understand, i am not indonesian” Haha.. sontak fikri malu dan saya tertawa, ternyata mas (palsu tersebut) bule dari filipina.. awalnya saya juga kira dia orang indo ternyata enggak.. :D.

Sepanjang jalan kami melihat orag dengan pakaian bertuliskan i love GT, si fikri memplesetkannya menjadi  i love Gitagu Tawa padahal jelas-jelas tulisan itu berarti i love gili trawangan. LOL. Lumayan, dia cukup humoris untuk meladeni saya yang suka diam nggak jelas ini. :D

Oh iya, sejak saya datang sampai malam, banyak sekali tulisan “magic mushroom” yang ditawarkan di tiap cafe. Selidik punya selidik berdasarkan informasi dari mas-mas pelayan dinner kami, ternyata magic mushroom itu adalah jamur yang berasal dari kotoran sapi yang memiliki efek memabukkan. So, jangan pernah coba-coba ya kawan.. :).

Okeh, akhir cerita hari itu, kami sholat isya dan beristirahat karena besok masih ada petualangan yang menunggu kami di Senaru.. :)

73 thoughts on “Backpacker Lombok ke Gili Trawangan

  1. kayana asik nich..
    ada rencana ke gili trawangan, tp masih ngitung-ngitung budget.
    homestay sekualitas kamar kos itu boleh untuk 2 orang/kamar?

  2. PAS BANGET!
    Pas butuh, pas baca tulisan ini.
    Soalnya saya ada rencana ke Lombok awal April, dan masih blank gitu tentang daerah ini.
    sementara klo mo pake travelagent wew … boncos nanti kantong saya hehehe

    makasi yah

    klo mo tanya2 boleh gak? :D

  3. Assalam..

    Mbak Era, aku mau tny dong, bandara kan udah dipindah ya ke Lombok Tengah, itu jauh ga sih kalau mau ke Gili Trawangan dr bandara baru?

    Saya rencana mau ke Lombok bulan September nanti, nah rencananya saya mau ke Senggigi dan Gili Trawangan tp waktu saya cuma 3 hari 2 malam. Yg enak ke Senggigi dulu 1 malam baru ke Gili Trawangan atau sebaliknya? Pertimbangan utamanya sih pas plg jarak tempuhnya lebih dekat ke Bandara Internasional Lombok karena pesawat saya jam 14.35 berangkat. Mohon tanggapannya ya. Saya dr Jakarta soalnya, lumayan lg ada tiket promo dr Garuda, hee..

    Thanks.

    Wassalam..

    • Assalam.wr.wb mas toni…
      YUp, Sejak tgl 1 oktober, bandara sudah di pindah di Lombok tengah, jadinya jarak dari bandara ke gili semakin jauh (krn gili trawangan ada di lombok utara).
      Kalo terkait pertimbangan jarak ke bandara pas pulang, mendingan ke gili trawangan aja dulu, kemudian ke senggigi. aku recommended 2 hari 1 malam di Gili Trawangan trus 1 malamnya lagi nginap di senggigi. soalnya senggigi lebih dekat menuju bandara. Perjalanan dari senggigi ke bandara sekitar 45 menit sampai 1 jam. Kalo mau balik dari trawangan menuju bangsal (Pelabuhan di Lombok Utara), kapalnya tersedia dari jam setengah 8 pagi sampe sore jam 4, usahakan baliknya siang aja, biar dapat JJ di sekitar senggigi nantinya.
      Kalo mau langsung dari gili ke senggigi sebenarnya bisa langsung naik taksi, cuman, yaah.. agak mahalan, kalo mau pake public transport (engkel) bayarnya cuma 10 ribu, tapi jalurnya nggak lewat senggigi, tapi harus nyampe mataram dulu, kemudian dari mataram ke senggigi lagi dengan waktu perjalanan sekitar 15 menit-25 menit. Nah, tapi.. dari mataram ke senggigi nggak ada jalur public transport, opsinya yaa.. bisa pake ojek atau kalau mau taksi. ini sih, perjalanan versi hematnya.. :D.

      Semoga membantu mas,
      Selamat Datang di Lombok yaaa

      Wassalam.wr.wb

      • Wa’alaikumsalam Wr. Wb.,

        Mbak Era aku mau tny lg dong, hee.. Aku ke Lombok masih lama kok, berangkat tanggal 28 September dan pulang tanggal 30 September, namanya juga Early Bird, hee.. Aku di Gili Trawangan dari tanggal 28 September sore sampai 29 September siang (2 hari 1 malam kan itu). Setelah itu baru aku ke Senggigi dan nginep 1 malam sampai tanggal 30 September baru deh pulang.

        Berdasarkan penjelasan dari Mbak Era ada beberapa hal lagi nih yang aku belum jelas::

        1). 28 September siang aku sampai di Bandara Internasional Lombok (BIL) langsung ke Gili Trawangan, nah dari BIL ke Gili Trawangan naik apa dan berapa ya ongkosnya kira2? Lalu berapa lama itu perjalanannya?

        2). Kalau misalnya aku naik taksi dari Gili Trawangan/Pelabuhan Bangsal ke Senggigi itu brp ongkosnya dan brp lama perjalanannya?

        3). Kalau dari Gili Trawangan/Pelabuhan Bangsal ke Senggigi naik public transport berapa lama perjalanannya? Aku sih lebih prefer efisiensi waktu dibanding ongkos karena jarang2 nih bisa dapet tiket murah ke Lombok.. :p

        4). Kalau mau snorkeling itu yang bagus di Gili Trawangan atau di Senggigi? Kira2 ada ga ya yg sediain fasilitas untuk ini? Hee..

        Nah kira2 segini aja dulu pertanyaanku, nanti kalau udah dijawab dan masih ada yang aku belum jelas jangan bosen ya Mbak kalau aku tanya2 lg, hee..

        Wassalam. Wr. Wb.

      • Assalamualaikum.wr.wb
        1). Setahu sy, kalau dari BIL langsung ke Gili trawangan, nggak ada, kecuali pake travel. Alternatifnya, dari BIL langsung naik DAMRI ke Kota Mataram (berhenti di Bekas Bandar Udara Selaparang, ongkosnya Rp. 25.000). Nah, dari Mataram ke Gili Trawangan bisa pake taksi (kalo budgetnya cukup) atau pake public transport (engkel). Kalo mau naik taksi yaa langsung aja bilang ke sopirnya ke pelabuhan bangsal Lombok Utara, kemungkinan biayanya lebih kurang sekitar Rp. 250.000. tapi kalo pke engkel bayarnya cuma Rp. 10.000, naiknya dari cabang 4 pasar Rembiga (kurang lebih 200 m dari Bekas Bandara/ bisa juga pake ojek) trus turunnya di pertigaan pelabuhan bangsal (ntar bilang aja ke sopirnya mau turun ke bangsal), pasti mereka ngerti kok. Dari tempat turun ini, bisa kita bisa jalan sekitar 50-100 m untuk mencapai pelabuhannya dan sepertinya akan capekk buat mas anthony, jadii.. naik cidomo aja (semacam kereta yg ditarik kuda), tawar sampe Rp. 5000 aja ongkosnya, kalo bisa kurang dari itu, masnya sy akui hebat nawar deh :D. Trus, nyampe pelabuhan, kemudian, beli tiket penyebrangan Rp. 10.000 (ini harga per february 2012 kemarin loh, semoga besok2 nggak naik harganya :)). Nah… Kalo estimasi waktu: BIL-Mataram : 45-50 menit, Mataram-Bangsal : 1 jam 15-30 menit, Bangsal-pelabuhan: 5-10 menit, Nyebrang pake kapal: 45 menit (ini tidak terhitung dg waktu nunggu kapal).
        2). bisa 1 jam 15 menit – 2 jam, Rp. 150.000 (kurang lebihnya) ini kalo naik taksi loh.. cuman, taksinya agak jarang yag dr bansal ke senggigi. mungkin, alternatifnya, bisa naik Ojek. banyak sekali ojek disana, dan ongkosnya bisa ditawar Rp. 50.000 an kayaknya :).
        3). nggak ada public transport dari gili trawangan ke senggigi.
        4). GILI TRAWANGAN, GILI AIR, GILI MENO.. :D…!!!!…. adaaaa…. banyak bangeeeet.. biayanya sekitar Rp. 70.000-75.000.

        hehee… oke, siap jawab kok akunya mas.. :)

        Wassalam.wr.wb

  4. Mbak Era,
    Salam kenal yach…
    Kek-nya sama dgn Anthony diatas, tapi aku dan temen, masih lama, di Maret 2013. Promo GA juga hehhehehehhe
    Klo yg aku baca dr atas, kayaknya mesti beguru ama Mbak Era nich soal backpackernya.
    Aku juga 3 hari 2 malam doank
    Dan ngirit mode on juga :))

    Jadi sebaiknya bgitu sampe ke Gili Trawangan dulu yach? Bermalam disana, sampai besoknya, baru explore Lombok.
    Ditunggu petunjuk selanjutnya yach ,Mbak.. :)
    Thanks

    Cheers,

    Martha

    • Salam kenal juga mbak Martha.. :)
      Hihihi… tu, pengalaman pertamaku backpacker-an mbak… masih ijo iniii.. :) hehehe
      Ya mbak.. mendingan ke gili dulu baru ke senggigi supaya pas mau balik ke kota asal nggak kecapekkan karena Gili trawangan lebih jauh dari BIL.
      Okay…

      ditunggu di Lombok..!
      *meskipun masih lama.. hehehe

  5. Assalam…
    Kemarin Aku ke gili trawangan juga, tempatnya sih menyenangkan tapi dapat accomdationnya ngak menyenangkan bangat. Aku nginap di Dream dive karena beli voucer penginapan via travel agent jadi ngak ngeliat langsung kondisi kamar,,eh taunya dapat kamar yang nggak ada gordennya pasti di konfirmasikankan ke pihak penginapan dikasih jawaban yang nggak mengenakkan hati bangat,,, jadi saran aja buat para backpacker yang punya budget untuk penginapan 300 ribuan jangan deh nginap di Dream dive nanti dapat kamar tanpa gorden….

    • Wassalam.wr.wb
      Wah… i am so sorry to hear that
      Kalo era.. cuma nginap di homestay di daerah perkampungan mbak, hanya dengan Rp. 100rbu dapat fasilitas yg lumayan lengkap: Spring Bed lebara yg bisa dibagi 2, kipas angin gantung, lemari, Toilet, Standing shower, wastafel, kaca, dan pastinya kamarnya dilengkapi gorden. :)
      BUt, btw… thanks udah komen n ngasih info ke kami ya mbak tenty. :)
      Salam KEnal :)

  6. Hai Mbak Era…
    Salam kenal yach…
    Cerita nya serru banget tuch…
    Rencananya saya jg mau ke Bali&Lombok slm seminggu. Rencananya 3hr di Lombok. Klo dari Bali ke Lombok, enaknya kmn dulu yach? Rutenya bagusnya kmn aja slm 3hr itu? Klo penginapan yg <100rb utk berdua di gili trawangan ada gak? Klo berempat enaknya di homestay ato gmn? Maklum, saya msh buta daerah sana.
    Klo info wisata di Bali ada gak Bali?

    Thanx yach Mbak Ira…

    • Hi AManda.. :)
      Wah… Agak panjang kalo dijelasin rutenya.. :D… Yuk, gabung di grup facebook lombok backpacker.. :). TEnang.. di gili trawangan ada kok homestay utk berempat. :)

  7. hai mbak era…
    slam kenal nich…
    saya mau tny2 ttg lombok mbak, mgkin nov nanti saya sm temen2 mau ke lombok n bali…. kira2 tips yg ok buat kami yg juga backpacker kere tuch gimana ya mbak… soalny bener2 buta juga tuch daerah sono…

    ditunggu infonya ya mbak… mohon bantuannya mbak…
    thanx…

  8. hai, tanya dong, di mataram ada guest house yang 100rban ga? aku awal juli backpack alone nihh.. jadi kamar ga bisa bagi 2 heheh makanya cari yang murah banget,, kalo ada minta infonya yaa.. trus kalo dari bandara ke mataram ke dekat univ.mataram jauh ga? aku mau cari penginapan dekat situ, mau nonton PEKSIMINAS hehehe sama obyek wisata yang dekat situ apa aja

    thanks a bunch
    virly

  9. Hi,
    Postingnya bagus banget !!
    Saya rencana mau ke Gili n Senggigi dari Bali November ini. Masih belum fix sih… tapi sblmnya boleh tanya2 ga, gimana caranya dari Gili ke Sengigi? Apa ada kapal siang hari dari Gili ke Bangsal (?) ?

    • Makasih :)
      Kalo dari Gili ke senggigi sebenarnya bisa pake boat cuma agak mahalan, karena jalur lazimnya dari pelabuhan bangsal ke senggigi.
      Jam Operasi Terakhir kapal dari gili ke bangsal sekita pukul 16.00 :)

      • Thanks replynya mba.
        Btw kl beli tiket dari gili ke bangsal, apa bisa lewat hotel atau lebih baik beli tiket di loket di pelabuhan? Saya belum pernah beli tiket di pelabuhan jadi rada kuatir, ><" apalagi katanya banyak preman/calo ya di sana…

      • beli aja di loket pelabuhan aja. G apa-apa kok, langsung masuk aja ke loketnya. Harganya 10rb. tenaaang.. kalo pun ada calo, nggak usah diindahkan :)

  10. Assalamu alaikum, Mba Era, minta infonya dong, untuk homestay nya apa namanya ya, ada nomor kontaknya gak, saya rencananya tgl 24 september mau ke gili trawangan.
    Terima kasih
    Dindin

  11. Assalamualaikum mb,, Insya Allah tgl 25 sept ini saya mw backpack ke bali…boleh saya minta nomor telpon penginapan mb kemaren yah….
    terima kasih
    Vira

  12. Mantap!!! Saya pernah berenang dari Gili Trawangan ke Gili Meno PP. IT WAS AWESOME TAPI JANGAN DITIRU YAH! BAHAYA! HEHEHE. SAfe travels!

  13. assalamualaikum…. saya rencana rencana tgl 23 september ini mau k lombok sekitar 1 minggu, tadinya mau sailing trip k komodo selama 4 hari, tp berhubung satu2nya travel mate saya batal mungkin saya berangkat sendiri n cuma explore lombok selama seminggu…. mungin ada rekomen tempat2 yang wajib di kunjungi… msih buta sama lombok, ini perjalanan pertama saya… :)

    • namanya pondok oshi mas. Silahkan tawar srendah2x.. :) kemarin sy hanya mampu menawar 100rb/malam. Mas jg bs gabung d grup lombok backpacker. Slhkan acak2 dsna, sprtnya ada info pengnapan shrg 70rb/mlam.

  14. hai mbak…saya mau tanya nih..,saya ngambil penerbangan dari surabaya ke bandara yang ada di mataram..,
    1) nah kalau saya mau nginap di hotel dengan tarif 300 ribu semalam di mataram, sebaiknya saya nginapnya di hotel mana ya??
    2) dari mataram ke senggigi kalau saya naik taxi blue bird kisaran harganya berapaan ya??pakai argo ya taxinya??atau main tawar menawar untuk taxi yang blue bird aja sih maksud saya??kalau dari senggigi ke mataram saya bisa dapat taxi blue bird juga gak ya??atau bakal terancam nih balik ke mataramny karena tidak ada kendaraan apapun??
    3) dari mataram ke gili trawangan saya naik apa ya??itu nyeberang naik kapal Fery ya??berarti saya harus ke pelabuhan penyeberangan dulu ya??nah…ke pelabuhannya itu dari hotel tempat saya menginap di mataram ke sananya saya bisa naik blue bird??kisaran harganya berapaan mbak??
    4) atau dari senggigi ke gili trawangan saya bisa langsung nyeberang ya??naik apa and kisaran harganya berapaan ya??
    5) kalau saya mau ke gili nanggu saya berangkatnya dari mana ya??dari gili trawangan kah??dan kisaran biaya untuk ke gili nanggu itu berapa ya??kalau saya mau snorkling di gilli trawangan atau nanggu saya harus bayar berapa ya??tx mbak…tolong segera di reply ya…

    • salam kenal mas roy karten :). maaf, saya baru sempat balas.
      1). Di Mataram, banyak hotel-hotel yang cukup terkenal seperti lombok raya, mataram plaza, santika, lombok garden.. tapi biasanya tarifnya di atas 300rb permalam. Kalo mau, ada bidari hotel terletak di cakra jl. bangau, kamarnya lumayan bagus kok.. sekitar 190rbuan sewa per kamarnya.
      2). kalo taksi blue bird, ada. baik itu di mataram maupun senggigi. kalo dari mataram mungkin sekitar 50-75an (kalo pake argo), kalo terkait nego, saya nggak terlalu paham, mungkin bisa dicoba :) asal lebih rendah dari 50-75ribuan :)
      3). dari hotel di mataram bisa langsung ke pelabuhan bangsal, pemenang. tapi, pasti tarifnya akan membengkak karna jauh sekali.. perjalanannya akan menghasbiskan waktu rata-rata 1 jam 45 menit. mungkin 2,5 kali lipat dari tarif mataram senggigi. kalo nggak mau naik taksi, naik ojek bisa di nego, kalo naik angkutan umum sekitar Rp. 10.000 dari pasar rembiga (mataram) – pemenang.
      4). yup. ada travel yg menyediakan penyebrangan dari senggigi ke gili trawangan tarifnya sekitar 200.000an kalo g salah. sedangkan lewat pelabuhan bangsal, pemenang hanya 10.000.
      5). gili nanggu jauh dari gili trawangan… gili trawangan adanya di lombok utara, sedangkan nanggu masuk lombok barat daerah selatan. kalo mau ke sana, kita harus ke daerah sekotong, lombok barat, baru nyebrang. sewa kapalnya max. 6 orang 120.000 (kalo misanya hanya da 2 penumpang juga hrus tetap bayar 120.000), ini tarif 2 thn yg lalu, mudah2an g naik tarifnya.

  15. hai mba,
    Sya maret 2013 Insya Allah mau ke lombok, rencana seh mau jelajah 3 gili juga n ke rinjani tp ga sampai puncak sh :)). Berhubung berangkat malam enaknya penginapan dimana yah. Oiya boleh email estimasi biayanya?? Tolong reply ya… tq. Salam kenal :)

  16. Mba, aku rencana tgl 19 ke mataram kerja dulu mungkin sampai malam kalau tgl 20 aku berangkat ke gili trawangan trus disana mau snorkling n jalan2 kira2 bisa ga yah balik hari itu juga ke mataram karena aku pulang ke jakarta pake pesawat lion yang jam 6 pagi
    ditunggu infonya yah mba
    tks banget

  17. Pingback: Mau Ke Gili Trawangan? Ini Pilihan Transportasinya | TravellersID

  18. Ass. Salam kenal mba..wah ngebantu bgt nieh buat gambaran aku. Rencananya aku mw backpack ksana februari, tp blm ada temen..masih sendiri..

  19. mbak saya rencana ke lombok nih dr bali pake motor, mau nanya nyebrang dr padang bay ke lombok brp yah pake motor???
    kalo dr ud nyampe lombok ke penyebrangan mana mau ke gili mbak?

  20. Salam kenal mbak Era..
    saya YEske. Rencana saya mau ke Lombok. 3 hari 2 malam.. Saya udah baca infonya mbak.. Sebaiknya ke Gili dulu.
    Cuman saya mau nanya kalo dari mataram ke Gili naik ojek biayanya berapa?.
    – Sewa ojek seharian disana + tukang ojeknya ( hehehhehe) berapa yaaa?.
    – Pantai Kuta + Aan itu letak persisnya dimana?
    – Ada signal HP ngak di Gili Trwngan?
    – Bangsal ke Senggigi nai ojek biayanya berapa?
    – Malimbu itu letaknya di mana?
    Daerah Senggigi selain snorkling yg menarik apa aja ?
    Makasih banyak sebelumnya mbak..
    Infonya sangat bermanfaat

  21. Assalamualaikum wr wb,

    Era yang manis, rencananya akhir april aku mw ke gili trawangan dengan keluarga (seritanya mw backpakeran giotuw) mw dong itenerary dari bandara lombok ke gili balik lagi ke lombok (dilombok nginep 1 malam) dan di gilil 2 malam, homestay yg harga 150an yaa. juga tempat2 makan yg murah meriah dan halal.

    makasiy

    wassalam
    Qifty

  22. mba saya need info ny dunk .. tgl 25 januari 2014 saya rencana mau ke lombok.berhubung saya blm bisa cuti jd saya nekat prjlnn kesana saat wekend. sdgkn sbtu aj saya msk setgh hri..
    sampai lombok 25jan pukul 18.30
    balik kejakarta 27jan pukul 06.00
    hehehehe singkat skali yh prjlnnnya itupun saya lgsg krja ..hehehe
    saya pgn ke gili trawangan,senggigi n gng rinjani.
    walawpun kesana skedar singgah2 aja gpp.. penasaran aja ingin tau.
    kira2 dr bandara lombok saran mba saya kmn dlu yh.dan bermlm dmn.bisa tolong jelaskan rutenya g mba? terimakasih sblmnya…

    • salam kenal mbak atma. 2 hari gak bakalan cukup explore lombok mbak.. hehehehe.
      saya sarankan kalo dari BIL langsung ke maataram aja, nginap di wisma nusantara, malamnya mbak bisa ke senggigi (jika gak memungkinkan mb bisa ke senggigi setelah peulang dari gili trawangan dihari esoknya)–> besoknya mbak langsung ke gili trawangan trus pulang sore. mulai tgl 10 januari jalur pendakian ke rinjani tutup, kalo mbak mau ke sembalun, perjalanannya akan memakan waktu lama.

  23. # OPEN TRIP BELITUNG #

    Wisata ke negeri Laskar pelangi, Belitung.
    Prov kepulauan Bangkabelitung.

    Durasi : 3hari 2malam
    Konsep : Hemat
    Event : Touring & hoping island
    Price : 800.000/pax

    UNTUK WAKTU SILAHKAN DIPILIH SESUAI SITUASI & KONDISI YG MEMUNGKINKAN.
    SENDIRI /BERDUA BOLEH AJA GABUNG.
    25 26 27 MEI 2014
    21 22 23 JUNI 2014
    08 09 10 AGUSTUS 2014
    06 07 08 SEPTEMBER 2014
    24 25 26 OKTOBER 2014

    Sudah termasuk (INCLUDE) :
    Mobil + driver + BBM
    Tempat nginap AC + TV (1room ber2)
    Boat + Alat snorkl (pelampung+kacamata)
    Karcis masuk wisata
    1x mie belitung
    1x kopi manggar
    2x breakfast
    4x nasi bungkus

    Tidak termasuk (EXCLUDE) :
    Tiket pesawat PP “jakarta-tanjungpandan-jakarta”
    ± 1 – 1,2juta.
    Tiket tetap dibeli oleh peserta masing2.
    Untuk mendapatkan spot yg lengkap, disarankan :
    Arrival : PAGI (citilink 05.55 / sriwijaya 06.20)
    Departure : siang 10.00up (garuda/sriwijaya)
    Kami siap membantu membelikan tiket dg harga
    Sesuai new update.

    Schedule :
    Hari pertama (belitung timur area)
    Tamu akan dijemput dibandara pagi hari.
    Menuju penginapan untuk menyimpan bagasi & mencicipi mie belitung.
    Pantai burung mandi & vihara dewi kwan im
    Makan siang
    Kota manggar & ngopi
    Bukit samak & pantai lalang
    SD laskarpelangi & Museum Kata
    Sunset di Tanjung Pendam
    Cari oleh” + dinner

    Hari kedua (hoping island)
    Bukit berahu
    Pantai tanjungkelayang & start hoping island
    Pulau pasir, pulau batu berlayar, pulau lengkuas, pulau kepayang (lunch-box)
    Pantai tanjungtinggi & sunset + dinner

    Hari ketiga (kepulangan)
    Rumah adat
    Danau kaolin
    Transfer bandara

    Keterangan lebih lengkap silahkan hubungi :
    BBM : 219AC6DC / Whatsapp : 081331939505
    http://www.facebook.com/belitung.trip

    Salam dari saya pribumi Belitung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s