Sahabat, Apa yang telah kamu lakukan untuk HIJAUKAN dan MENYELAMATKAN bumi?

Hi guys…
Pernah dengar menegenai global warming? Hmm, jangan bilang kalo kalian nggak tau, dari anak kecil sampe orang tua pun tau mengenai global warming tu sendiri. Yups, global warming tu artinya pemanasan global yang diakibatkan oleh efek rumah kaca akibat adanya ketidakseimbangan antara pengeluaran limbah polusi dengan penawar polusi itu sendiri (dalam hal ini luas area hutan/ pepohonan yang ada di bumi) sehingga asap kendaraan/ polusi nantinya akan terperangkap di lapisan ozon sehingga menimbulkan efek rumah kaca. Tahukah teman2 apa artinya efek dari rumah kaca? Yup… pernahkah teman2 mengunjungi rumah kaca sebelumnya, jika pernah, ada yang ingin aku tanyakan? Bagaimanakah perbedaan suhu antara ruangan dalam rumah kaca dengan suhu di luar rumah kaca? Pasti jawabannya, suhu yang dirasakan oleh teman2 lebih hangat di dalam rumah kaca daripada di luar rumah kaca, kira2 seperti itulah analogi dari efek rumah kaca, artinya polusi yang terperangkap pada lapisan atmosfir kita akan bertindak seperti halnya lapisan kaca pada rumah kaca dimana sinar/ panas matahari akan masuk melalui kaca namun tidak dapat dikembalikan sehingga panas tadi akan terperangkap di dalam dan menciptakan lingkungan yang lebih hangat di dalam rumah kaca. Seperti itulah global warming, dimana suhu di bumi menjadi lebih hangat akibat terperangkapnya sinar/ cahaya matahari. Nah yang menjadi pertanyaannya seberapa berbahayakah apabila suhu bumi lebih hangat dari suhu normalnya? Tentu saja sangat-sangat berbahaya!. Coba teman-teman bayangkan, apa yang akan terjadi jika berton-ton lapisan es yang ada di kutub selatan (benua antartika) maupun yang ada di kutub utara meleleh? Jawabannya bumi ini akan BANJIR !, pulau-pulau kecil akan tenggelam akibat peningkatan level permukaan air laut, perubahan komposisi air laut dan salinitasnya serta terjadinya perubahan iklim di seluruh benua. Bayangkan !!! jika pulau-pulau tenggelam?, bisa jadi penduduknya meninggal dan tidak ada kehidupan atau penduduknya pindah ke daerah yang berdataran tinggi, bayangkan jika komposisi air dan salinitas air laut terganggu? Tentu saja, organisme mulai dari yang berukuran mikro sampai ikan paus sekalipun tidak dapat bertahan hidup, coba difikirkan? Apa yang akan kita makan jika sumber makanan manusia tidak tersedia?, dan bayangkan apa yang akan terjadi jika terjadi perubahan iklim?, berhektar2 sawah yang seharusnya disirami oleh air hujan pada periode tertentu tidak akan diairi atau malah kebanjiran air akibat tidak menentunya cuaca. Jadinya apa yang akan kita makan?. Dunia akan dihadapi oleh masa2 sulit. Kekurangan makanan, tak ada tempat tinggal diperparah lagi dengan iklim yang tidak menentu. Huft… jadi, jika teman-teman tidak ingin hal itu terjadi bukan? Oleh karena itu marilah kita ikut berpartisipasi dalam program mencegah global warming. Teman-teman juga bisa kok ikut berkontribusi dalam mencegah global warming meskipun teman-teman bukanlah seorang ilmuwan maupun peneliti. Yups, caranya adalah mulai dari diri sendiri!. Dibawah ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan:
1. Melakukan program penanaman 1000 pohon. Jika teman-teman tidak memiliki bibit 1000 pohon, 1 pohon juga cukup kok.
2. Mengurangi penggunaan BBM. Nah, jika teman-teman sering menghabiskan sore hari dengan berjalan-jalan menggunakan motor ataupun mobil, sekarang saatnya teman-teman harus berusaha menggunakannya seminimal mungkin. Paling nggak kendaraannya akan dipake pada situasi dan kondisi yang penting aja. Atau alternatif lainnya, teman2 bisa menggunakan angkutan umum seperti busway atau pun kendaraan umum lainnya.
3. Tidak menggunakan pensil kayu, namun menggunakan pensil isi ulang. Karena hanya untuk membuat pensil, perusahaan-perusahaan pembuat pensil harus menebang pohon yang jumlahnya sangat sulit untuk dihitung saking banyaknya.
4. Menggunakan penggunaan kertas dengan bijak. Tahukah teman-teman bahwa kertas dibuat dari bubur kayu. Artinya dalam proses pembuatannya, kayu akan banyak ditebang. Semakin sering teman-teman menggunakan kertas maka semakin banyak kayu yang ditebang. Jadi, mulai dari sekarang, teman-teman harus berpikir dua kali ya kalo mau boros terhadap kertas.
5. Melakukan daur ulang kertas, maupun barang2 habis pakai lainnya. I’m sure that you are a creative person. So, daurlah barang-barang yang teman-teman miliki menjadi barang lainnya yang masih dapat berguna.
6. Mengurangi produk plastik. Bukan rahasia umum lagi kalo plastik itu sangat sulit untuk diuraikan oleh tanah.
Kita tahu bahwa yang menyebabkan bumi ini sakit adalah manusia yang menempati bumi itu sendiri, jadi jika bukan kita yang mengobatinya saat ini, siapa lagi?. Saya jadi teringat kata-katanya Pak David Attenborough, beliau berkata bahwa “ This is our planet. Since life began it has gone through extraordinary changes. But now it is being transformed – not by natural events, but by the actions of one species: mankind”. Ya.. jadilah kita yang bertanggungjawab atas penyakit yang dialami oleh bumi ini. So, marilah kita hijaukan dan selamatkan bumi !. tanyalah kepada keluargamu, serta sahabatmu “Sahabat, Apa yang telah kamu lakukan untuk HIJAUKAN dan MENYELAMATKAN bumi?”. Let’s move guys.

6 thoughts on “Sahabat, Apa yang telah kamu lakukan untuk HIJAUKAN dan MENYELAMATKAN bumi?

    • 🙂.. insya Allah mbak… termasuk kok..
      bukankah yang harus diperhitungkan itu adalah niat kita untuk mencoba menanam?
      dari nanem pohon cabe pun qt dah dapat 2 keuntungan.. yg pertama menghijaukan bumi n yg kedua dapetin cabenya… kalo ntar dah manen jgn lupa dibagiin ke aku yah mbak.. hehehe…:)

  1. barusan kembali dari dompu, setelah begadang semalam menikmati dompu…

    kata nabi saya yang bernama iwan fals, 1 pohon itu bisa memberi penghidupan untuk 2 orang…

    saya selalu berusaha merawat pohon yang telah saya tanam di halaman sekolah, tetapi yang namanya mbe’e itu kurang ngajar, selalu memakan tunas yang baru tumbuh

  2. nabinya pak olan iwan fals??? hmm.. kok bisa ??
    makanya pak…. dipagar dong pohon yang dah ditanam biar nggak dimakan mbe’e.. hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s