Saya dan Linux

Linux… :)…? Hmm… actually, i have no idea about this topic
distro, ubuntu, red hat, kernel, terminal, sabili, knoppix dan istilah lain yang artinya saya g paham harus saya telan bulat2 hari ini.
Ya, cznya tadi pagi baru ja dapat pengenalan linux di acara Natty Release Party di FT Unram. Untunglah, oleh-oleh yang bisa saya bawa pulang adalah peningkatan pengetahuan mengenai hal di atas. Hehehe.

Beberapa hal pokok yang dari dulu sampe sekarang *sesaat sebelum ikut NRP* yang saya tau hanyalah:
1. Linux tahan banting ma virus
2. Nggak dikomersialkan dan
3. ringan

Jjust that! ketiga point tu aja.
saya jadi ingat, bagaimana perjalanan saya berkenalan dg OS linux ni.
1. Diawali dari kakak saya yang waktu itu liburan sekolah *pas kakak sy masih SMK* n pulang kampung dg membawa CD instalan linux. melihat tampilannya berbeda dg windows, saya pun berkomentar.
saya :”apaan nih kak? kok beda ya?”
kakak saya : ” oh ini, CD linux… nih, lihat… *sambil ia menjalankan beberapa program yang saat itu saya berpikir semacam program microsoft office Word*, kemudian ia melanjutkan “klo pake linux, virus manapun g mempan, trus ringan n gak dikomersialkan”
saya : oooh..

2. saya tau linux lagi, ketika majalah-majalah komputer warisan kakak saya yang kebetulan waktu itu mau kuliah di luar kota dibrondol bawa ke rumah. jadi, mau g mau, saya tergoda juga buat ngebacanya. Dari sana yang bisa keluar dari mulut saya hanyalah Oooo lagi..🙂

3. pada tahun 2008an, saya ikut bimbel di Mataram, dan ditemani oleh teman sy waktu sd-fika-, saya diajak *dan atas kemauan sendiri karena g da kerjaan dan kebetulan karena diajak oleh kakaknya fika* menghadari acara pa gitu, pokoknya ttg linux deh, di salah satu aula STMIK bumigora mataram. disana juga, saya*orang yg belum ngerti apa-apa* hanya mendengar dan melihat orang-orang yang sudah mengerti, berkutat serius dg laptop dan tampak excited dg istilah-istilah aneh. (ya, saya masih g mudeng)

4. dan akhirnya, saya ikut NRP, barulah ada dua orang berbaik hati (dan maaf, saya lupa untuk menanyakan nama kedua narasumber saya itu ) + pemateri acara NRP menjelaskan hal-ikhwal mengenai linux, ubuntu dsb. barulah saya dapat mengerti sedikit-sedikit.

OLeh-oleh berharga yang saya dapat hari ini adalah suatu lontaran kalimat -yang membuat saya tertohok, terdiam dan tertegun- dari seorang bapak yang tampaknya sudah lama berkutat dg linux.
“Jangan bicara soal moral jika sistem operasi anda masih bajakan”
🙂

22:19 Wita
Gomong, Mataram. 1 Mei 2011
(di luar sana masih Gerimis)

Leave a Reply

