Catatan Perjalanan: Road to Gili Nanggu #Part. 2 (Finish)

*pastikan teman-teman dah baca ini

Ketika akan mengakhiri bersnorkeling ria, saya akhirnya menyambung obrolan dengan sepasang suami istri bule ostrali yang baru saja selesai snorkeling di perbatasan Gili Nanggu, si bule bilang, kalo disana ikannya banyaaaaaaaaaaaak sekali dan bagus-bagus sembari ia menunjukkan hasil foto dan rekaman video dari kamera water resistant-nya. Waduh, beneran, sumpah, keren bageeet…. Ada ikan warna biru, orange, kuning, hijau, merah, hitam, dengan segala bentuk corak dan jenis, terumbu karang juga luar biasa indahnya, dengan berbagai macam bentuk dan warna. “andai saja saya bisa berenang dengan lancar dan ada yang bisa menemani saya ke sana…. Saya akan berteriak, pengeeeeeen..!, tapi tenang era, orang yang akan menemanimu itu, masih dirahasiakan oleh Allah… oke.. oke… saya bengong sendiri menenangkan obsesi saya itu” dan kembali tersadar.

the coral is very good, and there are many fish over there” ujar sang suami

and you must come here one day after you can swim fluently” tambah sang istri,Gill sambil tersenyum yang sebelumnya sudah saya beri tahu bahwa saya nggak terlalu bisa berenang

okay, I will… I wish I can come here one day” jawab saya, berjanji.

……
saya meladeni beberapa obrolan kedua bule ini, tentang bali, Indonesia, bahasa Indonesia, tentang studi saya, tentang kota yang semakin crowded, dan daerah asal mereka serta tak lupa juga sambil saya mempromosikan lakey beach-nya dompu (kota asal saya, :D)

Setelah itu, saya dan teman saya yang lain makan nasi bungkus yang kami beli, benar-benar nikmat..😀, tahu kan bagaimana rasa nikmatnya makanan ketika kita makan pada saat capek? Meskipun menunya biasa pasti terasa sedap, iya nggak?…

Kemudian, kami berjalan-jalan menyusuri pulau. Tak lupa saya dan teman-teman menjenguk penangkaran bayi kura-kura yang imut nan lucu. Bayi kura-kura ini banyak sekali dan akan mendekat ke kita ketika kita menurunkan tangan, tapi jangan sekali-kali memegang dan mengangkat mereka karena bayi kura-kuranya akan stress. Namun, salah seorang teman saya tetap saja tergoda dan mengambil seekor, kemudian ditaroh di tangannya dan difoto, walhasil ketika dimasukkan ke air, bayi kecil itu, tak bergerak, saya mulai takut, jangan-jangan bayi kura-kura itu mati, syukurlah, akhirnya beberapa menit kemudian, si kura-kura kecil itu mulai menggerakkan kaki dan tangannya dan bisa berenang kembali.

Selanjutnya, kami menyusuri jalan setapak di pulau ini, tampak beberapa areal yang masih berupa hutan dan sepertinya masih akan dikelola. Tak jauh kami berjalan, seketika pandangan saya teringat dan seperti déjà vu, pemandangan yang saya lihat di depan mata saya seperti pemandangan di film-film korea yang sering saya tonton. Jalan setapak yang lurus ditaburi oleh dedaunan kuning bertaburan yang berguguran, di sepanjang jalan kecil ini, berdiri tegak lampu-lampu mungil dengan desain seperti rumah kayu, benar-benar alami. Ketika saya menoleh ke kanan, jajaran pepohonan membentuk jalan lebar dengan daun yang berguguran seolah-olah menunjukkan suatu jalan rahasia di suatu tempat, makin klasik ketika tiupan angin menggugurkan daun-daun tua itu. Indah dan romantic..😀.

Finally, jalan buntu menuju laut nampak, namun konsistensi pasir pantai yang bagian ini tidak seperti pantai yang sebelumnya. Di sini, dataran pantainya lebih didominasi oleh kerang-kerangan, terumbu karang yang mati dan klomang besar-besar, tidak sehalus pasir pantai tempat kami snorkeling sebelumnya. Namun, tetap saja pemandangan di sini indah.

Dan akhirnya, waktu telah menunjukkan jam 3 siang, kami siap-siap meninggalkan pulau…

setelah bersih-bersih, kami menaiki kembali perahu motor dan harus meninggalkan pulau yang memberikan saya pengalaman baru, snorkeling.

I Wish I can come here once again, just wait for me Gili Nanggu…🙂
*Foto menyusul, okay?

Leave a Reply

