Uncategorized

SSEAYP: Selayang Pandang

Kontingen Indonesia di MS. Nippon Maru
Kontingen Indonesia di MS. Nippon Maru

Berkunjung dan belajar budaya suatu bangsa merupakan mimpi semua orang. Saya adalah salah satunya. Saya sangat beruntung terpilih menjadi perwakilan Indonesia dalam program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)  selama 52 hari. PPAN merupakan program tahunan dibawah koordinasi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora). Program PPAN meliputi Ship for Southeast Asian Japanese Youth Program (SSEAYP) atau Kapal pemuda ASEAN Jepang, Australia -Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP), Indonesia – Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP), Indonesia – Korea Youth Exchange Program (IKYEP), Indonesia – China Youth Exchange Program (IChYEP), Asean Student Visit India (ASVI). Sebelumnya terdapat Indonesia – Canada Youth Exchange program, belakangan saya diberitahu bahwa program ini tidak diselenggarakan lagi.

Apakah SSEAYP itu?

SSEAYP adalah program tahunan yang disponsori oleh Cabinet Office Jepang yang diselenggarakan berdasarkan perjanjian kerjasama pada tahun 1974 antara Jepang dan 5 negara ASEAN yaitu Republik Indonesia, Malaysia, Republik Filipina, Republik Singapura dan Kerajaan Thailand. Seiring berjalannya waktu, Brunei Darussalam, Republik Sosialis Vietnam, Republik Demokratik Laos, Myanmar dan Kamboja ikut serta dalam program ini.

Setiap Negara mengirimkan 28 pemuda yang terpilih melalui seleksi di Negaranya masing-masing. Setiap  kontingen akan ditempatkan seorang National Leader. Setiap pemuda yang mengikuti program ini disebut sebagai Participating Youth atau disingkat PY. Jika berasal dari Indonesia maka disebut sebagai IPY (Indonesia Participang Youth), dari Brunei disebut BPY sehingga akan ada MaPY, MyPY, TPY, JPY, VPY, CPY,SPY,PPY (Kalian bisa menebak asal negaranya bukan?)

Tujuan dari program SSEAYP adalah untuk mempromosikan persahabatan dan mutual understanding bagi seluruh pemuda di Jepang dan ASEAN, memperluas perspektif mereka mengenai isu-isu dunia, serta memperkuat semangat kerjasama internasional dan kemampuannya dalam hal kolaborasi internasional.

Apa saja Kegiatan yang dilakukan ?

Tahun 2016 menjadi tahun ke 43 Program SSEAYP. Pada tahun 2016 rute yang dilalui oleh MS Nippon Maru – kapal pesiar dengan 8 lantai – bertolak dari Pelabuhan Harumi, Jepang menuju, Vietnam, Thailand, Singapura dan Indonesia. Khusus untuk Group leader, berkunjung ke Kamboja. Perjalanan  ini mengarungi pinggiran samudera pasifik dan ganasnya laut cina selatan. Perjalanan ini  berlangsung selama 52 hari dan secara umum kegiatannya dibagi menjadi 2 yaitu onboard activities dan off board activities. Adapun Offboard activities, kegiatannya antara lain:

  1. Welcome Ceremony

Welcome Ceremony akan diadakan pada saat kapal bersandar di suatu Negara. Biasanya akan diadakan gangway cheers dan pidato selamat datang dari pejabat daerah atau Negara setempat. Gangway cheers bersifat fleksibel, di awal kedatangan atau saat akan meninggalkan suatu Negara.

whatsapp-image-2017-01-12-at-12-18-18-1

  1. Welcoming Reception

Welcoming reception bisa  berupa welcome dinner dan pertunjukkan kebudayaan. Dalam sesi ini PYs, admin dan NL akan dijamu dengan makanan tradisional Negara setempat dan sekaligus pertunjukkan budaya.

Welcoming Reception Japan
Welcoming Reception Japan
  1. Courtesy Call

Courteswy call disebut juga sebagai kunjungan kenegaraan. PYs akan bertemu dengan pejabat penting dari Negara yang dikunjungi seperti Kepala Negara atau kepala pemerintahan (perdana mentri ataupun presiden), menteri ataupun walikota.

Courtesy Call di Kochi Prefecture
Courtesy Call di Kochi Prefecture
  1. Institutional visit

Institutional visit merupakan kunjungan ke sebuah institusi bisa yang berkaitan dengan kelompok diskusi maupun tidak. Saat di jepang dan Vietnam kami mengunjungi institusi dan organisasi yang bekerja terkait HIV/AIDS bersama PYs yang tergabung dalam kelompok diskusi sedangkan di Thailand dan Singapura kami berkunjung di universitas dan institusi sosial bersama PYs yang tergabung dalam kelompok SG.

dsc04736

Anggota DG5 selama Institutional Visit di Vietnam
Anggota DG5 selama Institutional Visit di Vietnam
  1. Homestay

Seluruh PYs diberikan kesempatan untuk belajar secara langsung mengenai kehidupan, budaya, makanan serta berkunjung ke tempat-tempat historis di suatu Negara. PYs juga akan berkesempatan untuk tinggal dengan dan menginap selama 2 hari di rumah Host family.

Keluarga angkat di Jepang
Keluarga angkat di Jepang
Keluarga angkat di vietnam
Keluarga angkat di vietnam
Bersama keluarga angkat di Thailand
Bersama keluarga angkat di Thailand
Keluarga angkat d singapura
Keluarga angkat d singapura
Bersama keluarga angkat di Indonesia, Bunda Erna dan Bapak.
Bersama keluarga angkat di Indonesia, Bunda Erna dan Bapak.

 

  1. Japan ASEAN Youth Leader Summit including Discussion Session with Japanese Local Youth

Diskusi dan pertunjukkan budaya yang dilaksanakan di National Youth Center, Tokyo. Program ini kan berlangsung selama 5 hari. Selama 5 hari ini pula seluruh PYs akan diajak berdiskusi berdasarkan kelompok diskusi dengan pemuda-pemudi jepang.

di sela-sela diskusi
di sela-sela diskusi

dsc03842

  1. Exhibition

Pameran ini diadakan di NYC selama setengah  hari. Di sesi ini semua Negara akan menunjukkan kerajinan, tempat wisata, permainan tradisional, maupun tarian tradisionalnya. Di setiap stand akan menyuguhkan berbagai macam kegiatan menarik dan souvenir.

Sedangkan untuk Onboard activities meliputi:

  1. Flag hoisting

Pengibaran bendera dilaksanakan di dolphin hall. Pengibaran bendera ini meskipun berada di atas kapal, tetap bersifat khidmat. Semua kontingen menggunakan Attire resmi yaitu attire A1.

4

3

  1. Discussion based on DG

Sesi ini adalah sesi favorit saya karena di DG kita bisa berdiskusi secara santai  namun terarah. Di setiap DG akan difasilitasi oleh seorang fascilitator. Sesi diskusi tidak hanya diskusi namun diselingi dengan role playing, menonton video serta games.

dsc05375

  1. SG activity

Kelompok SG adalah keluarga baru selama onboard. Kelompok SG ini akan berasal dari berbagai Negara dan mengikuti kegiatan SG secara bersama-sama.

  1. Club activities.

Club activities adalah kegiatan yang harus diikuti oleh seluruh PYs. Kegiatan ini  merupakan sesi untuk memberikan first hand experience seluruh PY dari Negara lain untuk belajar mengenai kebudayaan suatu budaya, seni maupun kerajinan suatu Negara.

CA Jepang : tea ceremony
CA Jepang : tea ceremony

dsc06483

Emi, IPY dari Kalimantan Barat menunjukkan karya Furoshiki : seni melipat kain.
Emi, IPY dari Kalimantan Barat menunjukkan karya Furoshiki : seni melipat kain.

 

  1. Voluntary Activity

Voluntary activity adalah kegiatan yang bersifat voluntary. Biasanya akan diselenggarakan secara sukalera sehingga PY tidak wajib untuk mengikuti kegiatan ini. Namun demikian, VA sering diikuti oleh seluruh PY dan kegiatannya sangat meriah.

  1. National Presentation

Malam National presentation adalah malam yang ditunggu-tunggu oleh seluruh penghuni kapal. Pada malam ini setiap kontingen diberikan waktu sebanyak 1 jam 30 menit untuk menunjukkan kekayaan Negara masing-masing melalui seni tari, tarik suara, permainan tradisional, drama, ragam pakaian tradisional serta video perkenalan kontingen. Pada malam ini biasanya penonton akan menggunakan pakaian terbaik yang mereka miliki. Terkadang setiap PY saling betukar pakaian dan menggunakan pakaian dari Negara lain. Unik sekali terlihat ketika cabin-mate saya, Kimi menggunakan baju kurung dari Indonesia, Nang, teman DG berasal dari Laos yang menggunakan jilbab dan pakaian tradisional Malaysia, atau ketika Oby, couple kontingen yang yang menggunakan Ao Dai. Malam-malam National presentation merupakan malam yang semarak. Sssst.. di malam ini pun, biasanya PY akan datang dengan Date-nya. Ehem…

dsc04701

dsc04415 dsc04412 dsc04411

dsc05775

Semarak Busana JASEAN
Semarak Busana JASEAN
  1. Additional : Morning Call, Star Gazing, Morning Exercise, morning Assembly, Night Call and Night Patrol by NL.

Bagaimana menjadi perwakilan Indonesia dalam SSEAYP?

Setiap tahun akan ada kesempatan bagi seluruh pemuda se-Indonesia terpilih untuk menjadi bagian dari SSEAYP. Pemilihan ini tergantung kuota yang telah ditetapkan oleh Pihak kemenpora. Setiap provinsi mendapatkan jatah perempuan ataupun laki-laki. Proses seleksi akan diumumkan oleh Dikpora di provinsi masing-masing. Proses seleksi akan dikoordinasikan oleh PCMI (Purna caraka muda Indonesia) atau ikatan alumni program PPAN Provinsi setempat dan dikpora. Contohnya untuk provinsi NTB informasi pengumuman seleksi akan diupdate via laman PCMI NTB begitu pula untuk provinsi lainnya.

Kontingen Indonesia di NYC, Tokyo
Kontingen Indonesia di NYC, Tokyo

Untuk informasi selanjutnya tetap kunjungi post di blog ini ya..

Salam,

 

Sumber Foto: Koleksi Pribadi, Tim Press Garuda 43, Fiel

Advertisements

7 thoughts on “SSEAYP: Selayang Pandang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s